Persyaratan barang/jasa tayang di katalog elektonik.

Persyaratan barang/jasa tayang di katalog elektonik.

Blog

Tender/Pengadaan / Blog 39 Views 0

Pertanyaan ini juga sering muncul dalam WA atau konsultasi di kantor. Pertanyaannya adalah barang jasa yang bagaimana yang bisa masuk ke dalam katalog elektronik LKPP.

Dari beberapa sumber resmi diperoleh jawaban bahwa Karakteristik barang/jasa yang dapat masul dalam Katalog Elektronik adalah:

1. Barang/jasa dibutuhkan oleh beberapa Kementerian / Lembaga / Perangkat
Daerah
2. Kebutuhan barang/jasa yang bersifat rutin atau berulang;
3. Barang/Jasa yang standar atau dapat distandarkan;
four. Penyedia barang/jasa yang lebih dari 1 Penyedia;
5. Terdapat referensi harga.

Dengan sedikit penjelasan sebagai berikut:
1. Barang jasa yang dibutuhkan oleh banyak satker.
Tentunya sangat masuk akal kalau LKPP hanya memproses barang jasa yang dibutuhkan banyak consumer, karena kalau kebutuhannya hanya untuk 1, 2 atau sedikit consumer saja maka hal tersebut tidak sebanding dengan usaha yang sudah dilakukan tim katalog dengan influence yang hanya dirasakan sedikit consumer. Hal ini juga tidak sesuai dengan konsep konsolidasi atau leverage yang menjadi salah satu dasar pengembangan katalog elektronik.

2. Kebutuhannya akan ada setiap tahunnya dan kemungkinan besar bertambah volumenya.
Pemotongan rantai administratif adalah salah satu fungsi epurchasing melalui e-katalog untuk quadran routine dan leverage, sehingga pengadaan yang resiko rendah, berulang, dan jumlahnya besar dengan konsolidasi akan sangat cocok sekali menggunakan e-purchasing by way of e-katalog. Pokja pemilihan harus fokus di quadran essential, tender tender strategis dan pengadaan yang excessive danger atau high impression bagi satker nya.

Kalau butuhnya hanya setahun sekali atau sekali butuh saja tanpa kelanjutan, mending pakai cara lain ya, karena sudah cape cape dinaikin ke katalog elektronik eh cuman menuhmenuhin etalase saja… cape deh… </div>
                            

                                                    <div class= Read more

Comments