Cerita Menarik dari Sejarah Penemuan Dongkrak Hidrolik

Cerita Menarik dari Sejarah Penemuan Dongkrak Hidrolik

Blog

Tender/Pengadaan / Blog 40 Views 0

Dongkrak hidrolik merupakan alat yang menggunakan sistem hidrolik untuk mengangkat suatu benda. Dengan sistem hidrolik tersebut, benda yang beratnya jauh lebih berat ketimbang dongkrak tersebut bisa terangkat. Dongrak hidrolik merupakan salah satu jenis paling terkenal dan paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya pada bengkel kendaraan. Dongkrak yang digunakan umumnya berbentuk portabel berukuran kecil, sehingga memudahkan pekerja untuk memindahkan dongkrak dari satu mobil ke mobil lainnya untuk keperluan mengganti ban dan sebagainya.

Cara kerjanya berhubungan dengan penerapan hukum Pascal, dimana fluida liquid bekerja untuk menggerakan mekanisme sistem hidrolik sehingga mampu menghasilkan pressure untuk mengangkat objek. Walaupun donkgrak hidrolik sudah umum digunakan di Indonesia, ternyata ada kisah menarik dari awal penciptaan alat ini lho!

Awalnya, dongkrak sudah lama beredar di peradaban.  Pada 2 abad yang lalu, dongkrak masih menggunakan sistem kerja guide dan belum dapat mengangkat beban yang terlalu berat, hingga seorang kelahiran Kanada menciptakan sebuah dongkrak berukuran kecil yang sanggup mengangkat beban hingga setengah ton.

Cerita di Balik Perkembangan Dongkrak Hidrolik

Penemuan pertama dongkrak dengan sistem kerja hidrolik ini terjadi di tahun 1838, oleh seorang bernama William Joseph Curtis. Penemuan tersebut lalu dipatenkan di Inggris. Saat itu ukuran dongkrak hidrolik masih besar sehingga menyulitkan pengguna dalam mobilisasi alat tersebut. Alhasil dongkrak sekrup yang sudah beredar lama di pasaran pun tetap menjadi andalan. Hingga puluhan tahun kemudian, dongkrak hidrolik portabel dikembangkan dan diciptakan oleh Richard Dudgeon pada tahun 1851. Dongkrak tersebut dikenal dengan nama hydraulic jack.

Hydraulic jack kemudian menjadi mimpi buruk bagi perusahaan produsen dongkrak jenis skrup yang pada saat itu menjadi satu-satunya alat dongkrak untuk mengangkat. Alhasil, dongkrak hydraulic jack berhasil menjadi produk alternatif terkemuka sehingga dongkrak skrup mulai ditinggalkan orang.

Tahukah Anda? Bahwa saat itu dongkrak bukan dikenal untuk mengangkat kendaraan, karena memang pada saat itu masih belum banyak mobil yang beredar. Penggunaan dongkrak awalnya untuk mengangkat elevator di gedung bertingkat.

Sampai akhirnya pada tahun 1905, Frank Gormley Sr, yang merupakan seorang berkebangsaan Kanada, melalui perusahaan yang bernama BUDA Co mematenkan teknologi terbaru dari dongkrak hidrolik. Hasilnya adalah sebuah dongkrak hidrolik yang lebih efektif dan efisien, diberi nama lifting jack.

Dongkrak Hidrolik ciptaan Frank yang dipatenkan pada tahun 1905

Tidak berselang lama, dongkrak hidrolik ciptakan Frank ini cepat dikenal publik, karena sambutan dan antusias masyarakat terhadap buatannya itu begitu besar. Dongkrak buatan Frank memiliki ukuran yang tidak lebih besar dari gelas air biasa, namun dengan kekuatan yang dapat mengangkat beban hingga ribuan kilogram.

Setelah perang dunia pertama, dengan keadaan ekonomi dunia yang sedang kacau balau, Frank nekat memulai lagi pekerjaannya dan menyempurnakan karyanya. Hingga akhirnya produk tersebut terus berkembang sampai saat ini, dimana bentuknya sudah seperti yang sering Anda lihat. Penyempurnaan tersebut dilakukan terhadap dimensi alat dongkrak hidrolik yang semakin lama semakin kecil, namun dengan kekuatan angkat yang maksimal. Dongkrak tersebut ada yang berukuran kecil yang sering dijumpai di bengkel otomotif, hingga berukuran besar yang biasanya digunakan dalam skala industri.

Hydraulic Jack digunakan untuk kendaraan tambang

Apabila Anda sedang mencari produk dongkrak berkualitas tinggi, baik untuk bengkel otomotif maupun keperluan lainnya, Anda dapat klik disini untuk mendapatkan penawaran terbaik dan terlengkap. KlikMRO sebagai solusi pengadaan digital kebutuhan barang MRO, menawarkan produk terkini dan bekerja sama dengan brand terkemuka serta spesifikasi lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Referensi:

hargamesin.org

modifikasi.com

Comments