CARA AMPUH UNTUK MEMENANGKAN TENDER DI PEMERINTAH

CARA AMPUH UNTUK MEMENANGKAN TENDER DI PEMERINTAH

Perijinan

by Super Admin 9 Views 0

0
0

Tenderind.com – Pernahkah Anda melihat halaman iklan pada sebuah surat kabar yang menampilkan information lelang dari pemerintah ? Proyek yang dilelang umumnya pengadaan barang dan jasa. iklan tersebut menggiurkan karena nilai yang ditawarkan bervariasi,mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Seketika, setelah iklan tersebut tayang, banyak pemborong, kontraktor atau konsultan berlomba memenangi tender tersebut. Namun, untuk menjadi pemenang tender, peserta harus mencari strategi. Syarat utamanya, peserta tender harus memiliki perusahaan legal dan rajin menggali informasi mengenai proyek tersebut.

Informasi sangat berguna untuk mengajukan penawaran yang pantas. Setelah melampaui syarat tersebut, tak serta-merta peserta dapat lolos. Perlu Anda ketahui, dalam proyek yang melibatkan nilai besar dibutuhkan beberapa strategi dan persiapan. Berikut di antaranya:

  • Kualifikasi
  • Pada proses kualifikasi, peserta tender diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen pendukung atas kompetensi perusahaannya. Bila tahap ini tak dapat dilewati peserta tender, jangan harap dapat menembus proyek tersebut.

  • Metode Pelelangan
  • Pada proses lelang, salah satu yang perlu diperhatikan lainnya adalah metode pengadaan. Metode ini digunakan untuk memilah perusahaan mana yang laik untuk dipilih berdasar pada syarat dan ketentuan pada informasi lelang.

  • Financial institution Garansi Sebagai Jaminan Penawaran
  • Metode pelelangan akan berhubungan dengan pembuatan surat penawaran yang ditujukan kepada pelaksana lelang. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat atau jaminan penawaran adalah masa berlaku jaminan penawaran, nama perusahaan yang dijamin, hingga besaran nilai jaminan.

    Pada sistem kerja seperti pelelangan, jaminan penawaran akan dibuat dalam bentuk Financial institution garansi (Financial institution Assure) dan diterbitkan oleh bank untuk diberikan kepada pihak penerima jaminan. Jaminan itu dipegang sebagai antisipasi apabila pihak yang dijamin tidak bisa memenuhi kewajiban untuk membayar uang berdasarkan kesepakatan atau kontrak kerja.

    Hal tersebut juga dapat diterapkan saat melakukan rencana bisnis. Sebagai pebisnis, Anda mungkin memiliki banyak proyek yang pelaksanaannya membutuhkan pihak lain. Anda memerlukan keyakinan bahwa pihak lain akan memenuhi komitmennya sesuai kontrak. Di sinilah guna Bank Garansi.

    Untuk memilikinya, peserta tender harus menunjuk bank sebagai mitra yang dipercaya. PT Bank Central Asia Tbk adalah salah satu perbankan penyedia layanan tersebut. Dengan dukungan ini, perusahaan memiliki jaminan saat bertransaksi dagang.

Comments