8 Manfaat Penting Memiliki Platform E-Procurement

8 Manfaat Penting Memiliki Platform E-Procurement

Blog

Tender/Pengadaan / Blog 87 Views 0

Apabila perusahaan Anda belum memanfaatkan teknologi untuk mengotomatisasi beberapa proses, Anda mungkin sudah tertinggal dari perusahaan lain. Teknologi mampu mempercepat berbagai proses yang ada di perusahaan, termasuk proses procurement. Ini berarti perusahaan bisa mendapatkan berbagai benefit, mulai dari pengeluaran yang lebih optimal, proses yang transparan, dan hubungan provider yang lebih baik.

Salah satu solusi teknologi yang sangat membantu perusahaan adalah platform e-procurement. Sesuai namanya, e-procurement memberikan banyak manfaat untuk procurement perusahaan. Namun tidak cuma itu, e-procurement juga memberikan manfaat untuk perusahaan secara keseluruhan. Ini artinya e-procurement secara tidak langsung jadi sebuah kebutuhan untuk perusahaan.

Berikut adalah beberapa profit yang bisa diperoleh perusahaan dari e-procurement:

Lebih Hemat Biaya

Sebagian besar platform e-procurement ditawarkan sebagai layanan langganan berbayar. Beberapa platform seperti Bizzy.co.id bahkan ditawarkan secara gratis. Semua bentuk replace dari platform tersebut juga bisa Anda akses secara gratis.

Sebagai platform teknologi sendiri, e-procurement menawarkan berbagai fitur seperti mengelola semua proses procurement secara otomatis. Jika dihitung, semuanya untuk biaya yang jauh lebih murah daripada procurement konvensional.

Tidak Perlu Membuat Terlalu Banyak Dokumen

Procurement konvensional memerlukan cukup banyak dokumen. Melacak proses procurement melalui tumpukan dokumen ini tentu akan sangat sulit dan memakan waktu. Melalui e-procurement, dokumen bisa dibuat secara digital. Dengan demikian, perusahaan bisa mencari dan menemukan dokumen yang diperlukan dengan mudah.

Anda Tidak Akan Melewatkan Tanggal Penting

Dengan platform e-procurement, Anda tidak perlu melewatkan deadline atau tanggal penting lainnya. Platform e-procurement akan memberikan pengingat untuk semua tanggal tersebut. Tidak cuma itu, e-procurement juga bisa menyertakan pengingat lengkap dengan apa saja yang harus dilakukan, tidak hanya untuk perusahaan tapi juga stakeholder lain yang terlibat.

Proses Pengadaan Jadi Lebih Transparan

Maverick spend adalah salah satu masalah yang sering dihadapi procurement, mengurangi keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan. Platform e-procurement bisa mencegah itu dengan menyediakan knowledge yang lebih lengkap dan transparan. Dengan begitu perusahaan bisa melacak semua transaksi yang terjadi dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu atau berlebihan.

Meningkatkan Produktivitas Pegawai

Industri selalu berubah, dan perusahaan harus bisa mempercepat siklus proses mereka agar bisa menyadari dan beradaptasi dengan semua perubahan yang terjadi. Artinya perusahan harus bisa menyelesaikan proses yang ada dengan lebih efisien, termasuk untuk procurement.

E-procurement bisa membantu pegawai jadi lebih produktif dengan cara sebagai berikut:

  • Membuat pengambilan keputusan lebih on monitor melalui notifikasi
  • Menyimpan semua knowledge di satu tempat
  • Membuat beberapa proses yang memakan waktu jadi otomatis
  • Menawarkan template yang siap digunakan

E-procurement tidak hanya memungkinkan pelaku procurement melakukan tugasnya dengan lebih cepat, tapi juga lebih terstruktur dan menyeluruh.

Memastikan Kebijakan dan Peraturan Dipatuhi

Salah satu risiko yang dihadapi oleh procurement perusahaan adalah adanya peraturan yang tidak dipatuhi. Masalah ini sulit diatasi karena pelaku procurement harus mengawasi semua tiap proses dalam siklus procurement.

Karena berbasis pada teknologi, platform e-procurement bisa mencegah masalah yang terkait pada peraturan dan regulasi. Semuanya diatasi tanpa melewatkan apapun sehingga risiko adanya sengketa atau masalah jadi lebih kecil.

Bisa Terintegrasi dengan Software program Lain

Tidak banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi sendiri untuk menjalankan keperluan procurement. Hanya saja kebanyakan aplikasi tersebut tidak efisien dan tidak terintegrasi dengan aplikasi atau software perusahaan yang lain.

Platform e-procurement yang baik bisa menghubungkan semua software perusahaan yang lain tanpa masalah berarti. Dengan demikian, semua proses perusahaan bisa dijalankan dengan mulus.

Menyediakan Insight yang Bisa Ditindaklanjuti

E-procurement yang baik tidak hanya menyediakan knowledge yang akurat, transparan, dan bisa diakses dengan mudah. Beberapa platform e-procurement juga menyediakan analisis dan insight dari knowledge tersebut. Ini membuat procurement perusahaan bisa mengambil tindakan dengan cepat.

Salah satu platform e-procurement yang tersedia di Indonesia adalah Bizzy.co.id. Dengan semua fitur yang tersedia, Bizzy.co.id mampu memberikan semua profit yang tertera di atas. Tidak hanya itu, Bizzy.co.id juga bisa digunakan secara free of charge alias sama sekali tidak dipungut biaya.

The submit 8 Manfaat Penting Memiliki Platform E-Procurement appeared first on Bizzy Blog.

Comments