5 Tips Meningkatkan Jumlah Traffic & Pelanggan Baru untuk Usaha Anda

5 Tips Meningkatkan Jumlah Traffic & Pelanggan Baru untuk Usaha Anda

Blog

Tender/Pengadaan / Blog 26 Views 0

Apakah usaha Anda mengalami masalah yang dikarenakan berkurangnya jumlah pelanggan dari waktu ke waktu? Apakah kompetitor lebih menawarkan kemudahan berjualan?

Jangan putus asa dulu, karena ternyata ada beberapa hal yang mungkin belum Anda terapkan di usaha Anda. Berikut ada beberapa ideas yang perlu dilakukan agar usaha Anda tetap dikunjungi oleh para pengunjung setia bahkan mendatangkan pelanggan baru:

  1. Atur Tata Letak Produk

Setiap toko baik itu offline maupun on-line harus menyusun barang dagangan ataupun jasa yang ditawarkan secara jelas dan rapi. Kurangi posisi produk yang bertumpukkan sehingga tidak terlihat nyaman oleh pengunjung. Faktor-faktor umum seperti desain tampilan produk, showcase, lemari dan sebagainya juga perlu Anda perhatikan, terutama bagi yang berdagang produk fisik.

Bila Anda melihat pasar swalayan yang sudah besar, maka Anda akan melihat bagaimana susunan barang atau produk begitu memanjakan mata. Selain itu, produk yang dipajang atau ditawarkan juga terlihat jelas, tidak bertumpuk tanpa aturan. Hal ini juga berlaku pada usaha dagang on-line lainnya dimana tampilan UI/UX merupakan salah satu faktor penting dalam buyer buying choice course of.

Nah, apabila Anda ingin menjaga pelanggan Anda tetap berkunjung ke toko Anda, maka coba perhatikan apakah tata letak produk Anda sudah rapi dna sesuai. Gunakan rak untuk menyusun barang-barang yang ada, lalu susun sedemikian rupa, sehingga mudah dijangkau dan dilihat oleh pengunjung. Hal itu bisa membuat produk Anda lebih laku dikarenakan ketertarikan pengunjung terhadap katalog produk Anda yang sudah rapi dan jelas.

  1. Desain Toko dan Packaging Produk

Hal ini juga cukup penting. Tidak hanya barang yang ditata ulang, tapi toko Anda juga perlu disesuaikan dengan konsep bisnis Anda. Penyesuaian seperti wallpaper dinding, ornamen tambahan, aksesoris dan penambahan lainnya apabila dirasa perlu. Tentunya hal tersebut harus tetap sesuai dengan tema atau konsep toko Anda karena disitulah brand image toko Anda tercipta.

Dari segi penerangan, sesuaikan kebutuhan cahaya dengan konsep toko pula. Gunakan peralatan listrik yang memadai seperti kabel, lampu, dan lainnya yang memiliki kualitas terbaik agar lebih hemat daya, menarik, dan tahan lama. Untuk toko yang susah besar, penambahan fitur seperti interactive display juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memajangkan video interaktif mengenai produk Anda maupun untuk keperluan lainnya sehingga dapat meningkatkan suasana menarik di tempat usaha Anda.

Kreativitas diutamakan dalam mendesain toko & packaging

Dengan kombinasi antara konsep dan desain yang memukau, maka dapat membuat pengunjung baru penasaran untuk masuk sebagai visitors Anda. Tentunya, packaging produk pun juga kerap diperhatikan dan sebisa mungkin unik. Dari segi branding, packaging produk sebagai faktor utama tampilan yang diperlihatkan ke pelanggan, serta tidak menutup kemungkinan menjadi trending apabila di share ke media sosial. Jadi, sesuaikan strategi branding usaha Anda dengan tampilan fisik yang meliputi desain toko serta packaging produk.

  1. Buat Database Pelanggan

Ini mungkin terkesan sepele, namun faktanya dengan memiliki database pelanggan yang mumpuni, Anda bisa menghitung jumlah kunjungan ke toko Anda dengan tepat serta mendapatkan gambaran mengenai karakteristik pelanggan. Tujuannya, agar Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik serta untuk metode analisa bisnis.

Selain itu, peran program loyalty / membership dapat membantu peralihan pelanggan baru menjadi pelanggan tetap. Hal tersebut tentu bergantung pada strategi promo serta benefit untuk customer Anda. Dari segi analisa, selain dapat mendata dengan akurat jumlah pelanggan setia, juga dapat berfungsi sebagai advertising instruments dimana Anda dapat memberikan insentif ataupun benefit tambahan terhadap acara event usaha Anda serta eksklusifitas terhadap pengenalan produk terbaru.

four. Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Walaupun terkesan sepele, hal ini sering dilewatkan oleh para pelaku usaha. Faktanya, semakin dekat Anda dengan pelanggan, maka semakin sering pelanggan tersebut mengunjungi toko Anda. Semakin sering berkunjung, maka akan semakin meningkat pula penjualan Anda.

Hal ini dapat dimulai dari service degree terhadap pelanggan. Dengan prinsip “underneath promise, over delivery” Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara menawarkan worth lebih, dimana hal ini berperan penting terhadap brand picture usaha Anda serta menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

5. Aksesibilitas On-line (Web site) 

Untuk memikat kalangan millennials, Anda dapat mempertimbangkan untuk memiliki website khusus untuk toko Anda yang berperan sebagai company profile ataupun sebagai platform pendukung transaksi. Di zaman serba digital ini, para pelanggan dengan mudahnya mencari sesuatu secara online, baik informasi produk maupun evaluate & score terhadap toko. Dengan ketersediaan web site, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai produk / jasa yang ditawarkan, promo terbaru, serta occasion / kegiatan usaha yang Anda lakukan. Tentunya, dengan maraknya toko online di Indonesia saat ini, agar dapat lebih bersaing Anda juga dapat mempertimbangkan jasa periklanan atau advertising agency untuk meningkatkan jumlah visitors Anda.

Bagi Anda yang ingin membenahi usaha Anda maupun yang baru akan menjalankan usaha, kliKMRO memberikan solusi pengadaan sesuai kebutuhan usaha Anda disini.

Comments